KONTAK PERKASA FUTURES | Rekomendasi Mingguan EUR/USD 16 – 20 Agustus 2021: Naik dari Kerendahan Namun Pergerakan Turun Menguasai?

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA – Memulai minggu lalu, EUR/USD diperdagangkan turun ke bawah 1.1750 di sekitar 1.1738. Namun pada akhir minggu lalu, EUR/USD berhasil naik ke atas 1.1750 di sekitar 1.1792 dengan melemahnya dolar AS karena munculnya Consumer Sentiment Index yang turun ke level terendah dalam satu dekade.

Di AS, CPI inti tahunan untuk bulan Juli muncul di 4.3%, sedikit lebih kecil daripada yang diperkirakan di 4.5%, dan angka umum tidak berubah di 5.4%, mendukung pandangan dari the Fed bahwa kenaikan inflasi hanya bersifat sementara. Namun, angka PPI untuk bulan Juli berlawanan dengan angka CPI dimana muncul di 7.8% yang adalah jauh di atas dari yang diperkirakan.

Tingkat bunga treasury AS turun. Yield obligasi 10 tahun kehilangan kenaikan mingguannya setelah angka Michigan Consumer Sentiment Index bulan Agustus turun ke bawah level sebelum pandemik dan ditutup di 1.283%, turun 8 basis poin pada hari Jumat minggu lalu.

Data dari Eropa tidak mengesankan. Survey ZEW Jerman menunjukkan Sentimen Ekonomi terkontraksi ke 40.4 untuk Jerman dan 42.7 untuk Uni Eropa di bulan Agustus, jauh lebih buruk daripada yang diperkirakan. CPI Jerman dikonfirmasi di 3.8% YoY, sementara Wholesale Price Index naik sedikit 1.1% MoM pada bulan Juli. Sementara Uni Eropa mempublikasikan Industrial Production bulan Juni yang tanpa terduga terkontraksi 0.3% MoM.

Pada minggu ini, Uni Eropa akan mempublikasikan GDP kuartal ke dua. Sedangkan dari AS minggu ini akan keluar angka penjualan ritel untuk bulan Juli pada hari Selasa yang diperkirakan akan turun dari angka bulan Juni yang tanpa diduga muncul dengan kuat.

Selain itu juga akan ada NY Empire State manufacturing index pada hari Senin, Industrial Production pada hari Selasa, Building Permits dan Housing Starts pada hari Rabu, dan juga, klaim pengangguran dan Philadelphia Fed manufacturing index pada hari Kamis.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah agenda the Fed pada hari Selasa dan risalah pertemuan FOMC bulan Juli yang akan dirilis pada hari Rabu.

Meskipun anggota the Fed menjadi bertambah hawkish, Powell telah menekankan kesabaran. Masih ada ancaman terhadap pertumbuhan ekonomi, termasuk varian Delta, yang bisa merintangi lalu lintas pengapalan.

“Support” terdekat menunggu di 1.1703 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1640 dan kemudian 1.1520. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1790 dan kemudian 1.1830. KONTAK PERKASA FUTURES

vibiznews.com

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started